HEADLINE NEWS

Kategori

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

Follow by Email

Banjarbaru Ibukota Seni Indonesia

Diposting oleh On Juni 11, 2018

KBK- Banjarbaru : Kota Banjarbaru salah satu kota di Kalimantan Selatan yang sangat ramah bagi perkembangan dan pelestarian Seni dan budaya, sehingga muncul istilah baru, yakni Banjarbaru Ibukota Seni Indonesia.

Sejumlah kontes, festival dan lomba beraneka seni dan budaya tumbuh dan berkembang baik di Kota Banjarbaru. Para penggiat seni dan budaya di kota ini cukup ulet dan bahkan tahan banting guna pelestarian dan pengembangan budaya daerah hingga budaya nasional. Namun, mereka juga tidak menutup diri dari budaya-budaya bangsa lain didunia, hanya saja pengiat seni di Kota Banjarbaru lebih mengutamakan akar budaya bangsa sendiri.

Sejumlah even seni dan budaya berskala daerah dan nasional sering digelar di kota ini, bahkan sudah punya kelender tetap seperti setiap bulan, setiap tahun, dan belum lagi yang tidak masuk dalam kalender tetap. Even seni dan budaya itu diantaranya, Poetry In Action, Tadarus Puisi, dan aneka lomba seni, bahkan juga seni lukis atau menggambar.

Seni yang ditampilkan di Kota Banjarbaru cukup banyak, seperti puisi, melukis, menari, menyanyi dan juga aneka seni tradisional masyarakat Kalimantan Selatan, seperti seni masyarakat Banjar dan Dayak juga ditampilkan. Selain itu juga ditampilkan seni dari daerah lain, seperti seni dari masyarakat Jawa dan lainnya.

Dengan berkembangnya seni dari berbagai daerah di Indonesia di Kota Banjarbaru, maka sebagian penggiat seni menyebut Kota Banjarbaru sebagai Ibukota Kesenian Indonesia. Hal ini tentu juga diperkuat dengan kecintaan terhadap seni dan budaya oleh kepala daerah, seperti Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani. Sebab, kedua tokoh Kalsel ini sering tampil dan memberi dukungan penuh terselenggaranya even seni dan budaya di Kota Banjarbaru. Bahkan keduanya tidak sungkan menampilkan kebolehannya dalam membaca puisi diatas pentas atau panggung.

Photo by : yudhis
Penulis :

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »