HEADLINE NEWS

Arsip Blog

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Timsel KPU Kalsel Sudah Laksanakan Tugas Sesuai Amanah UU

By On April 04, 2018



Banjarmasin - Ketua Timsel Seleksi Calon Komisioner KPU Kalsel Andi Tenri Sompa memberikan keterangan atas hasil seleksi yang pihaknya lakukan,hingga menetapkan 10 orang yang lolos. Hal ini juga untuk menanggapi sejumlah kritik terhadap Timsel yang menurutnya telah bekerja maksimal sesuai yang diamanahkan.

"Yang perlu disampaikan adalah CAT itu tdk ada passing grade, pokoknya memenuhi kuota hingga 35 berapun nilainya, beda dengan psikotes, psikotest di tetapkan oleh Tim psiko dan total nilai dari psiko, CAT, LGD serta wawancara, MS jk nilainya 61 ke atas," jelas Ketua Timsel Andi Tenri Sompa (04/04/2018).

Kemudian pada kesempatan ini Andi Tenri Simpa juga memaparkan jalan tahapan seleksi hingga penetapan 10 Calon Komisioner KPU Kalimantan Selatan ,diantaranya sebagai berikut :

Pertama jelas Andi Tenri adalah seleksi berkas atau administrasi  dari 72 pendaftar, berdasarkan daftar riwayat hidup yg terkonfirmasi Timsel memberi score dan merangkig, sesuai dengan kuota yang dipersyaratkan yaitu 60 org, karena itu yang terpilih  rangking 1 sampai 60 dan  pada tahapan ini tidak ada passing grade.

Kedua seleksi CAT ditangani langsung oleh Tim IT KPU RI, sebagaimana kuota yang dipersyaratkan adalah 35 orang, sehingga Timsel mengambil rangking 1 hingga 35 berapapun nilainya, tahapan inipun tidak ada passing grade.

Selanjutnya yang ketiga seleksi Psikotest, dan tahapan ini di serahkan kepada pihak mitra, yaitu Polda Kalsel dengan indikator tes yang sudah di tetapkan oleh KPU RI melalui tahapan CAT, LGD dan Wawancara. Sebagaimana yang telah disyaratkan dalam UU, PKPU dan Juknis terkait seleksi KPU Provinsi. Pada tahapan psikotes maksimal Calon komisioner yang dibuat akan Memenuhi Syarat (MS) adalah 30 orang.

" Ternyata dari hasil seleksi Psikotest yang diterima oleh Timsel dinyatakan hanya ada 21 orang yang MS selebihnya TMS. Oleh karenanya, keputusan Timsel menetapkan 21 orang yang lulus seleksi Psikotes," ujarnya.

Untuk seleksi Kesehatan tahapan di serahkan kepada mitra Timsel, yaitu RS Ulun. Mengapa pilihannya RS Ulin? Karena syarat RS mitra penyelenggara RS- nya harus bertype A dan hanya RS Ulin satu-satunya di Kalsel yang bertype A, kecuali jika di daerah kita tidak ada RS dengan type A, maka Timsel boleh memilih RS dengan type yang ada di daerah. Pada tahapan ini hasil tidak diumumkan tetapi include dengan tahapan selanjutnya yaitu Wawancara.

Tahapan seleksi Wawancara: dari 21 orang Calon yang ikut seleksi kesehatan dan wawancara Timsel harus memutuskan hanya 10 orang Calon yang akan ikut tahap selanjutnya yaitu fit and proper test oleh KPU RI.

"Pada tahapan ini Timsel dalam memutuskan 10 orang tersebut, dengan pertimbangan yang profesional sesuai dengan peraruran perundang-undangan dan petunjuk pelaksanaan seleksi yang di tetapkan oleh KPU RI," pungkasnya.


Editor :
Penulis : 

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »