HEADLINE NEWS

Arsip Blog

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Seleksi Ketat Calon Anggota KPU Kalsel

By On Maret 06, 2018



Banjarmasin - Tahap seleksi calon anggota komisioner KPU Kalimantan Selatan terus bergulir dan besok (Rabu/07/03/2018) akan memasuki Tes CAT di Banjarmasin. Banyak harapan agar proses ini berjalan lancar dan hasilnya sesuai dengan yang diharapkan semua pihak.

Guna menentukan dan menetapkan anggota KPU Kalimantan Selatan terlilih sejumlah tes harus dilewati calon,diantaranya seleksi administrasi, Tes CAT, Kesehatan, Psikotest, dan Tes Wawancara. Hal ini disampaikan Ketua Timsel KPU Kalsel Andi Tenri Sompa dalam menyikapi proses yang kini sedang berlangsung.

"Banyak tahapan yang ditentukan oleh pihak ketiga,dan hal ini menunjukkan, bahwa Timseleksi hanya menentukan di tahap akhir, dimana tahap - tahap sebelumnya ada seleksi yang amat ketat dan terukur, serta dapat terkonfirmasi," paparnya.

Ketua Timsel ini juga menyatakan, bahwa tes wawancara sekalipun nantinya akan pihaknya rekam sebagai dokumentasi yang akan kami serahkan ke KPU RI. Dengan begitu nantinya dapat disaksikan bagaimana kemampuan para calon secara visual melalui video.

Ia juga menyampaikan,bahwa untuk mengetahui tahapan seleksi CAT dan mekanismenya, psikotest dan test kesehatan mempersilakan dikonfirmasi ke masing2 pihak terkait.

" Tes CAT langsung di handle KPU RI dengan pelibatan tim IT, membawa server, serta password itu diperoleh sesaat menjelang tes. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa tes ini benar- benar berjalan fair," tegas Dosen ULM Banjarmasin ini.

Mengenai bagaimana model soal dan jumlahnya ungkapnya Timsel sendiri tidak tahu. Namun, untuk Tes Psikotest akan di handle tim Psikotest Polda Kalsel. Test Kesehatan akan di lakukan di RSUD Ulin Banjarmasin, karena prasyarat  RS yang ber tipe - A. Kemudian Tes wawancara akan dilakukan oleh TIMSEL dengan  beberapa kriteria penilaian terkait kemampuan managemen pemilu, UU, sistem Pemilu,dan lainnya yang sudah ditentukan dalam juknis pelaksanaan seleksi. Hal penting lainnya pada tes wawancara adalah mengkonfirmasi makalah terstruktur yang dibuat calon  dan sekaligus juga konfirmasi terkait rekam jejak calon berdasarkan masukan masyarakat.

Pada bagian akhir, lulusan Doktor dari Universitas Indonesia ini kembali menegaskan Timsel bekerja bersungguh -sungguh sesuai aturan yang telah ditetapkan.


Editor :
Penulis :

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »