HEADLINE NEWS

Kategori

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

Follow by Email

TNI Bantu Swasembada Kedelai di Banjar

Diposting oleh On Februari 08, 2018

Martapura  - Kodim 1006 Martapura terus membantu untuk menupayakan potensi pertanian dan perkebunan di Kabupaten Banjar agar swasembada pangan di daerah ini bisa ditingkatkan. Bantuan dari TNI Angkatan Darat ini dimulai sejak dini, misalnya dari cetak sawah baru, bimbingan pertanian, membasmi hama tikus,hingga pengawasan penyaluran pupuk bersubsidi untuk kelompok tani.

Upaya yang telah dilakukan Kodim 1006 Martapura tersebut telah mendapat sambutan yang positif dari Pemerintah Kabupaten Banjar, diantaranya dari Bupati Banjar H.Khalilulrahman  dan Wakil Bupati Banjar H. Saidi Mansyur,hingga ke Instansi terkait,yakni Dinas Pertanian setempat.

Selain membantu untuk pertanian padi, TNI dari Kodim Martapura juga membantu di bidang perkebunan, terutama jenis kacang kedelai. Pagi tadi Kodim Martapura melalui Danramil 03 /SE Kodim 1006 Martapura Kapten Inf Fathul Mubin  bersama Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura  Kabupaten Banjar HM. Fahri melakukan tanam perdana bibit kedelai unggul varietas Anjasmoro dan Grobogan di Desa Durian Hanyar, Kecamatan Cintapuri Darussalam.

" Jenis kedelai ini merupakan calon tanaman Kacang dan benih kelas yang dapat dikembangkan dan untuk produksi benih SS, display varietas  dari BPTP yang  terdiri dari Varietas Anjasmoro, Grobogan, Argomulyo, serta Mahameru, varietas pilihan petani," jelas Fahri (08/02/2018).

Menurut Fahri, lahan milik Kelompok tani yang ada di desa ini luasnnya mencapai 137 hektar akan menjadi lahan yang produktif bagi perkebunan kedelai.

Kemudian Danramil-03/ SE Kodim 1006 Martapura Kapten Inf Fathul Mubin di tempat yang sama menjelaskan, bahwa melalui kerjasama dan dukungan para kelompok tani pihaknya optimistis bisa menyelesaikan tanam kacang kedelai seluas 137 hektar.

" Kita optimis dengan pendampingan jajaran di Koramil , seluruhnya terselesaikan dalam jangka waktu tiga bulan kedepan," jelas Danramil.

Danramil juga mengungkapkan,bahwa kacang kedelai memiliki nilai ekonomi tinggi ,sehingga harus dibudidayakan dengan  baik agar memberi manfaat dan kesejahteraan bagi para petani di pedesaan.

Sementara itu Ketua Kelompok
Gawi Baimbai Sudarto yang menerima bantuan dari Pemerintah Kabupaten Banjar, dan TNI ini menyatakan rasa terima kasih ,karena pihaknya telah dibantu,hingga mampu memaksimalkan lahan perkebunan. Bantuan yang diberikan diantaranya memberikan tehnik dan bimbingan pola tanam padi-padi-bero menjadi padi-padi-kedelai.

Menurut Sudarto hal itulah yang akan menjadi nilai tambah dalam  pertanaman kedelai di lahan kelompok tani yang ada di desanya.

" Kami ingin TNI melalui Babinsa terus bantu kami, hingga musim tanam usai," ungkapnya penuh harap.


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »