HEADLINE NEWS

Arsip Blog

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Pasca Bencana Puting Beliung TNI Bantu Korban

By On Februari 16, 2018


Martapura - Pasca terjadi bencana angin luting beliung yang mengakibatkan 10 rumah Warga Desa Mangkaok mengalami rusak parah dan ringan, Kodim 1006 Martapura melalui Koramil Pengaron membantu korban bencana.

Bencana alam angin puting beliung disertai hujan lebat kembali terjadi menimpa puluhan rumah warga Kampung Johar desa Mangkaok, Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar.

Akibat kejadian itu, beberapa rumah milik warga mengalami rusak berat.Terkait hal tersebut, Komandan Rayon Militer1006-02/Pengaron, Kapten Inf Kurmanto memerintahkan personelnya membantu proses evakuasi bagi warga korban terdampak bencana alam ini.

Kurmanto menjelaskan, bencana ini terjadi sekitar pukul dinihari , dan kejadian berselang sekitar 30 menit kemudian, angin puting beliung muncul dan memporak-porandakan segala yang dilewatinya.

"Tercatat selain rumah warga yang tertimpa musibah,pohon juga ada yang tumbang dan sebagian menutup akses jalan pedesaan," jelasnya (16/02/2018).

Dari informasi yang disampaikan Babinsa setempat, ada 6 rumah warga yang rusak ringan dan 4 rumah rusak berat , namun dalam peristiqa ini tidak ada korban jiwa akibat dampak dari musibah angin puting beliung.

Salah seorang Staf Dinas Sosial Kabupaten Banjar tiba di lokasi kejadian mengatakan, adanya musibah tersebut TNI dan Polri serta tagana di bantu warga dan bersama Aparat Desa Mangkaok mengevakuasi,serta membantu barang milik warga.

Pada kesempatan ini Dinas Sosial Kabupaten Banjar memberikan langsung bantuan, berupa sembako dan perlengkapan tidur, serta peralatan rumah tangga. Bantuan juga datang dari salah seorang Anggota DPRD Banjar yang diterima langsung oleh masyarakat tertimpa musibah.

Kemudian di tempat terpisah, saat ditemui Komandan Distrik Militer 1006 Martapura Letkol Inf Muchammad Ghoffar Ngismangil S sos membenarkan kejadian itu dan telah menginstruksikan anggota Koramil Pengaron untuk segera turun ke lapangan dan membantu warga.selain itu di lapangan melakukan kerjasama dengan Polsek , perangkat desa hingga BPBD setempat dalam menangani dampak musibah angin puting beliung.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Banjar tercatat 10 rumah penduduk mengalami kerusakan dengan rincian sebagai berikut :

Rusak Ringan

1. Yanto 1 kk 5 jiwa
2. Suhrawi 1kk 3 jiwa, 1 anak kecil
3. Syarifudin 1kk 4 jiwa.
4. Hadari 1kk 4 jiwa, 2 anak kecil
5.Rasmadin dapur dan kandang sapi, 1kk 4 jiwa
6. Asur 1 kk 4 jiwa.

Rusak Berat

1. Matsiir, 1kk 3 jiwa
2. Mursidi, 1 kk 3 jiwa anak kecil 2
3. Salam, 1 kk 5 jiwa, anak kecil 2
4. Matsehri 1kk 3 jiwa, 1 anak kecil

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »