HEADLINE NEWS

Arsip Blog

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Mengenal Benteng Emas Oranje Nassau

By On Februari 27, 2018


Martapura - Menilik Perang Banjar, belum lengkap kalau melewatkan situs sejarah Benteng Oranje Nassau yang artinya Benteng Emas di Desa Benteng,Kecamatan Pengaron Kabupaten Banjar (27/02/2018).

Benteng Pengaron atau Oranje Nassau yang terletak di Desa Benteng, Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar cukup dikenal sebagai salahsatu desa yang memiliki situs sejarah tentang pertambangan batubara pertama di Kalimantan. Selain itu juga menjadi benteng pertahanan VOC bersama Tentara Pemerintah Kolonial Belanda.

Berdasarkan catatan sejarah , benteng ini diberi nama Oleh Pemerintah Hindia Belanda Oranje Nassau atau Benteng Emas, dan dibangun pada tahun 1849. Menurut cerita di benteng inilah bermulanya Perang Banjar, yakni Mulai Tanggal 30 Juni 1859 hingga Tahun 1905.

Berdasarkan catatan sejarah dan berbagai buku yang menceritakan, bahwa Perang Banjar adalah perang terlama dan heroik. Bahkan, akibat lamanya perang berlangsung sempat membuat Belanda putus asa dan cukup kewalahan dalam menghadapi para pejuang dari Kesultanan Banjar.Terlebih dengan tenggelamnya Kapal Perang Belanda Onrust Tahun 1858 di perairan Muara Teweh Kalimantan Tengah, sempat dikabarkan, bahwa Kerajaan Belanda mengibarkan bendera setengah tiang di pelosok Negeri Kincir Angin tersebut.

Menurut Mantan Bupati Banjar Sultan Khairul Saleh, Benteng Nassau terdokumentasi dan tersimpan rapi di Museum Tropen Nederland, Belanda.

" Kalau berkunjung ke Benteng Oranje Nassau, memori ingatakan kita akan mengenang, betapa besarnya jasa para Pahlawan Banjar dalam melawan penjajahan Belanda," jelasnya.


Photo : Blog Sungai Martapura

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »