HEADLINE NEWS

Kategori

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

Follow by Email

CSR di Martapura Bagi - Bagi Kambing

Diposting oleh On Januari 27, 2018



Martapura - Mewujudkan masyarakat yang sejahtera adalah salah satu upaya dari PT. Talenta Bumi yang dimotori bagian Corporate Social Responsibility (CSR) H. Irfanie memberikan bantuan murni kambing Peranakan Etawah (PE) 10 ekor kepada masyarakat sekitar perusahaan melalui Kelompok Tani Rakyat Mupakat Desa II Cintapuri Kabupaten Banjar, Rabu (17/1).

Ir. H. Edie Roosnandi selaku Kabid Sumberdaya dan Penyuluhan yang mewakili Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Banjar sangat mendukung dengan adanya kegiatan ini dan berharap kegiatan ini mampu memberikan usaha bantuan ternak yang sudah diberikan dengan menjaga kekompakan. “Diharapkan nantinya, perkembangan ternaknya meningkat baik jumlah populasinya maupun produksi hasil olahan, sehingga bisa mendorong perekonomian keluarga petani ternak iti sendiri kearah lebih maju dan sejahtera,” ujarnya, saat bertemua dengan Kelompok Tani Mupakat, Desa II Cintapuri, kemarin.

Menurut Edie Roosnandi, kambing PE dapat dipelihara di daerah mana saja dan sangat mudah beradaptasi, baik itu dataran tinggi yang relatife dingin maupun dataran rendah yang panas, perbedaan yang mencolok hanya pada ketebalan bulunya, apabila dipelihara didataran tinggi bulu kambing ini akan lebih tebal. Banyak peternak kambing yang awalnya tidak melirik kambing ini namun sekarang mulai tertarik memelihara kambing ini, secara fisik posturnya lebih besar dari kambing kacang atau kambing jawa randu.

H. Irfanie berharap bantuan ini dapat dipelihara dengan baik dan bisa menyimak materi kegiatan yang diberikan oleh Penyuluh Peternakan serta bagaimana cara membudidayakan sampai dengan pencegahan penyakit menular secara berkesinambungan.

Kasi Penyuluhan, Haris Fadilah berujar bahwa kambing Peranakan Etawah (PE) merupakan kambing hasil persilangan kambing etawah jenis unggul dari india dengan kambing kacang asli Indonesia, mudah dipelihara dan merupakan ternak jenis unggul penghasil daging juga susu. Produksi daging kambing PE lebih tinggi dibandingkan dengan kambing kacang.

Bobot badan Kambing PE jantan lebih dewasa antara 65 - 90 kg dan yang betina antara 45 - 70 kg. produksi susu bisa mencapai 1 - 3 liter/hari. Kambing PE juga sangat prospektif untuk usaha pembibitan. Harga anak kambing PE bisa 3 - 5 kali lipat harga anak kambing lokal. Kambing PE beranak pertama kali pada umur 16 - 18 bulan dan dalam waktu 2 tahun bisa beranak 3 kali jika diusahakan secara intensif dengan hasil anak kembar 2-3 ekor/induk.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »